Training Survey Kepuasan Pasien dan Keluarga di Rumah Sakit

PENGANTAR

Standar akreditasi RS 2012 PMKP.3.2 / JCI QPS.3.2 mempersyaratkan agar rumah sakit mengukur harapan dan kepuasan pasien dan keluarga, dan menjadikannya salah satu indicator mutu manajerial. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan survey kepuasan pasien dan keluarga. Survey ini sebaiknya dilakukan setiap hari untuk pasien yang datang. Untuk rawat inap, survey dilakukan pada saatn pasien menjelang pulang. Sedangkan untuk rawat jalan, survey dilakukan sesaat setelah mendapatkan pelayanan.

Agar hasilnya optimal, sebaiknya dibuat target responden yang jelas. Misalnya untuk pasien rawat inap diberi lembar kuesioner survey untuk diisi. Untuk pasien rawat jalan minimal 50% mengisi kuesioner. Untuk mewujudkan hal itu, rumah sakit perlu membuat kuesioner, melakukan sosialisasi, menentukan teknis pendistribusian dan pengumpulan kuesioner, analisa hasil, membuat kesimpulan, evaluasi hasil terhadap target, tindak lanjut dan lain-lain.

Beda dengan survey kepuasan karyawan, aktivitas ini sebaiknya dikoordinir oleh satu unit khusus, misalnya unit customer relation. Selanjutnya, hasil survey dipresentasikan setiap bulan ke seluruh unit pelayanan dan mereka diminta membuat action plan jika hasilnya dibawah target. Dengan demikian semakin lama angka kepuasan pasien semakin meningkat. Dan tentu saja hal ini akan berdampak langsung pada mutu dan angka kunjungan pasien.

TUJUAN & MANFAAT PELATIHAN

Pelatihan ini akan menyajikan pemahaman tentang berbagai faktor yang menjadi penyebab tidak terpenuhinya harapan pasien. Pelatihan ini juga membekali peserta dengan kemampuan tentang berbagai aspek, teknik dan metodologi survey untuk mengenali kepuasan para pasien. Selain itu, pelatihan ini juga akan memberikan pemahaman mengenai analisis statistik yang berkaitan dengan pengukuran kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit.

MATERI PELATIHAN

  • Requirement of Customer Satisfaction on SNARS Ed.1 and JCI Accreditation
  • Goal to Implementing Survey Customer Satisfaction in Hospital
  • Basic and Principle Survey Customer Satisfaction
  • Indicator and Variable of Customer Satisfaction
  • Various Technique of Survey
  • Customer Satisfaction Method Survey
  • Data Sizing and Report Processing
  • Data analysis and Statistics Test
  • Key to Successful Implementation of Survery Customer Satisfaction in Hospital
METODE PELAKSANAAN
Dalam Training dan Survey kepuasan pasien dan keluarga di rumah sakit ini, menggunakan metode interaktif, yaitu pemahaman dari sisi konsep, contoh aplikasi, berlatih menuangkan konsep, diskusi interaktif dan studi kasus sehingga peserta dapat lebih mudah memahami dan menguasai materi yang diajarkan.

DURASI

2 Hari (Efektif 14 Jam: 09.00-16.00)

INVESTASI (Tidak Termasuk Penginapan)

Rp 4.350.000,00/peserta (Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Malang, Surabaya)
Rp 5.350.000,00/peserta (Bali, Lombok)
FASILITAS
Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit (blocknote+Ballpoint), Jacket, Tas Ransel, 2X Lunch, 2X Coffe Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dilaksanakan di hotel berbintang.

INFORMASI & PROMO

Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291

CONTACT PERSON

0812 9578 8177, 0813 8280 7230

JADWAL TRAINING TAHUN 2019:

  • 21-22 Oktober 2019 Malang
  • 11-12 Nopember 2019 Jakarta
  • 25-26 Nopember 2019 Yogyakarta
  • 09-10 Desember 2019 Bogor
  • 16-17 Desember 2019 Surabaya

REFERENSI :

  1. Rumah Sakit Kanker Dharmais, Jakarta
  2. Rumah Sakit Kusta Sitanala Tangerang
  3. RSUD Sayang Cianjur

TESTIMONI:

“Alhamdulillah sesudah mengikuti pelatihan ada gambaran melaksanakan survei kepuasan pasien/pelanggan sesuai kaidah.”Ika Sartika Dewi, Pengelola Datin dan LITBANG-RSUD Sayang Cianjur

training survey kepuasan pasien 22-23 ags 2016-bmd
Silahkan review dokumentasi program pelatihan kami dibawah ini, atau klik disini untuk video-video dokumentasi lainnya

Share this post

Post Comment